RSS

Contoh simulasi variasi waktu tunda (delay) propagasi

29 Agu

Jaringan akses untuk Wide Area Network biasanya beroperasi pada kecepatan transmisi (m ) 34 Mbps atau 45 Mbps. Dalam simulasi ini akan dilihat pengaruh delay propagasi dari masing-masing hubungan virtual (VC) jika diberikan t 1 = 10 ms dan t 2 = 100 ms, terhadap respons kecepatan pengiriman dari sumber dan panjang antrian yang terjadi di buffer switch untuk kedua kecepatan tersebut.

Parameter penguatan dan peredaman diambil pada daerah analisa kestabilan, sedangkan kebutuhan minimum lebar pita (n j) = 2 Mbps ini disesuaikan dengan aplikasi, misalnya untuk akses pengiriman file atau juga untuk akses basis data jarak jauh.

Hasil dari simulasi dengan parameter yang diberikan dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.
Respons kecepatan dan panjang antrian m = 34 Mbps
Gambar 6 Respons kecepatan dan panjang antrian untuk hubungan
2 VC dengan delay yang berbeda pada m = 34 Mbps.

Hasil simulasi menunjukkan bahwa harga kecepatan setelah keadaan seimbang dicapai (f ss) sesuai dengan harga perhitungan untuk dua hubungan virtual, yaitu 17 Mbps (pada m = 34 Mbps) dan 22.5 Mbps (pada m = 45 Mbps). Hal ini terjadi karena prinsip keadilan dalam mendapatkan pembagian lebar pita di jaringan dipergunakan selama hubungan berlangsung.

2
Gambar 7 Respons kecepatan dan panjang antrian untuk hubungan
2 VC dengan delay yang berbeda pada m = 45 Mbps.

Tabel 6 Pengaruh perubahan m terhadap hubungan 2VC pada QT = 10 sel
3

Panjang antrian yang terjadi relatif kecil dan kondisi transient tidak terjadi sehingga ukuran buffer di switch tidak besar. Dari gambar 6 terlihat bahwa kurva respons VC1 mendahului kurva respons VC2 sebesar setengah round trip time; dengan kata lain, antara dua kurva terjadi pergeseran. Kedua kurva akan mengalami overlap yang sempurna (menyatu) jika masing-asing digeser t 1/2 untuk respons VC1 dan t 2/2 untuk respons VC2.

Dari analisa berdasarkan waktu respons yang dispesifikasikan sesuai dengan implementasi, dapat dikatakan bahwa waktu respons dari kecepatan untuk hubungan dua VC ternyata sangat baik (<< 10 detik) sehingga sangat cocok untuk pengiriman data, misalnya berupa transfer file.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 29, 2009 in Teknik Simulasi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: